rss

Kamis, 03 Juni 2010

Blogger karawang Profile's



anda tahu komunitas blogger karawang?
komunitas blogger karawang atau lebih biasa disingkat blogkar ini lahir pada tanggal 9 mei 2009 dengan penggagas utama sdr.Deni andriana yang mempunyai web karawang info.
untuk lebih jelasnya silahkan simak sejarahnya dibawah ini.

Sejarah Berdirinya Komunitas Blogger Karawang

Pertama, adalah adanya diskusi antara Redaksi Karawang Info yang diwakili Deni Andriana (www.karawanginfo.com / dulu beralamat di www.karawang.info) bersama dua orang Blogger Karawang yakni Masbadar dan Suardi pada bulan November 2008. Diksusi via online ini berlangsung cukup lama, bahkan secara bersama ketiganya mensosialisasikan dan menawarkan ajakan kepada blogger-blogger lainnya dengan mengunjungi blog demi blog yang ada.



Kedua, setelah wacana mengembang baru kemudian di Bulan Desember 2008, melalui Situs Karawang Info (KarIn) dibuatlah buku tamu (undangan) dengan postingan pada rubrik Aneka Info : “Blogger Karawang Silahkan Mampir Sini!.” Dari situlah blogger-blogger Karawang lainnya yang saat itu belum saling mengenal lebih jauh saling menyapa dan berdiskusi secara online menanggapi tawaran untuk membuat semacam komunitas atau ikatan Blogger Karawang ini. Tanggapan pun cukup banyak, dan dari 150 komentar lebih semuanya sepakat untuk menindaklanjuti wacana ini kearah yang lebih nyata.

Ketiga, hampir berbarengan dengan Buku tamu melalui Karawang Info (KarIn) dibuatlah juga Daftar Blogger Karawang untuk menghubungkan para Blogger Karawang, dilengkapi dengan banner ‘AKu Blogger Karawang,” untuk dipasang di masing-masing blog agar saling mengenal satu sama lain. Setiap blogger yang sebelumnya diundang via email dan lewat blognya masing-masing akhirnya mendaftarkan diri dan blognya untuk dipampang disana. Alhasil berderetlah puluhan blog didaftar tersebut, dari situlah kemudian didapatkan database blogger-blogger Karawang untuk diundang menuju kopi darat (Kopdar).

Keempat, dibahas di Forum Diskusi Warga Karawang (Online ) yang dulu beralamat di www.forum.karawang.info mengenai kelanjutan wacana ini. Wacana dan diskusi via online terus menguning, bahkan tidak hanya di forum tapi juga di milist-milist. Namun, kopdar pertama belum juga terselenggara karena berbagai pertimbangan waktu dan kesiapan penyelenggara, karena memang saat itu sifatnya masih siapa yang berkenan.

Kelima, melihat situasi wacana di online yang berlangsung cukup lama yakni dari November 2008 maka pada bulan Februari, tepatnya tanggal 22 Februari 2008 Karawang Info berinisiatif menjadi penyelengara Kopdar Pertama, dengan Fasilitator Rudi Rahadian (Idur) dan Deni Andriana. Mengambil tempat di Food Festival Resinda maka Kopdar perdana pun berlangsung dengan sederhana dan alakadarnya, mengundang semua blogger yang ada di database (Daftar Blogger Karawang) yang ada di KarIn sebelumnya. Dari puluhan blogger yang terdaftar, karena berbagai alasan kopdar perdana ini hanya dihadiri oleh 12 orang blogger. Namun walau begitu, disela-sela perkenalan 12 orang ini sepakat bahwa untuk diadakan kopdar lanjutan untuk membahas wacana pembuatan komunitas menjadi lebih konkret. Hasilnya pasca kopdar lahirnya milist goblogkar@yahoogroups.com dan blog aggregator sementara yang dibuat oleh salah seorang perserta kopdar perdana yakni Agung Anugerahjati dengan alamat www.go-blogkar.blogspot.com.

Keenam, setelah menunggu waktu yang cukup lama baru pada 9 Mei 2009, kembali diadakan kopdar (Kopdar kedua). Bertempat di warung 3Cheu.com (milik salah salah satu blogger), kopdar kali dihadari peserta dengan jumlah lebih banyak, karena belum terbentuk kepengurusan maka Rudi Rahadian dan Deni kembali menjadi fasilitator, namun awan cerah tampaknya memang menaungi Galuh Mas Karawang saat itu, hingga dengan lancer dan tanpa kendala 25 orang blogger yang kumpul memutuskan beberapa poin penting yang menjadi modal untuk langkah selanjutnya, diantaranya pemilihan ketua, sekretaris dan divisi humas Komunitas Blogger Karawang. Alhasil, menurut kesepakatan bersama Deni Andriana ditunjuk sebagai Ketua, Prihapsoro Agung sebagai sekretaris dan Tatang Iwan S sebagai Koordinator Humas.

Ketujuh, menindaklanjuti amanat untuk membahas Tatat Tertib Komunitas di kopdar kedua, maka kopdar ketiga yang berlangsung ditempat yang sama yakni warung 3cheu.com (areal parker utara Food Carnaval Galuh Mas) pada 14 Juni 2009 pun disepakati sebagai Musyarawah Besar Pertama Komunitas Blogger Karawang yang kemudian disebut Pertemuan Tahunan. Di Petermuan Tahunan yang dihadiri 23 orang blogger ini dibahas dan ditetapkanlah Kode Etik Blogger Karawang yang menjadi aturan main, arah komunitas, stuktur komunitas hingga program kerja dan kesepatan-kesepatan penting lainnya. Selain itu, untuk menjalankan roda organisasi maka dilengkapi jugalah stuktur pengurus dengan format : Deni Andriana (Ketua), Prihapsoro Agung (Sekretaris), Cahyati (Bendahara), Tatang Iwan S (Koordinator Divisi Humas), Billy HN (Koordinator Divisi Online) dan Fajar Arianto (Koordinator Divisi Offline).
Itulah momen demi momen dari sejarah berdirinya Komunitas Blogger Karawang (Blogkar) yang secara resmi berdiri tanggal 9 Mei 2009 ini. Selanjutnya bahu membahu para anggota Blogkar mengawal perjalanan komunitas ini. Diantaranya seperti kegiatan worksop blogging (belajar blog) bersama anak sma yang dimotori Faisal Muchtar, Eka Priadi, Rudi CKSK, Cahyati, Hassanuh, Billy dkk dengan fasilitator Tatang Iwan S (Kang Tatang) sebagai Koord Humas. Lalu, ada juga penggarapan web aggregator ini yang dimotori Billy HN, Tatang Iwan S dan Purnomo Sidi. Rencana kegiatan offline yang dipimpin oleh Koordinator Divisi Offline Fajar Arianto, serta berbagai inisiatif, kontribusi dan sumbangan dari anggota-anggota lainnya yang terus mengawal komunitas ini menjadi semakin kompak dan menyatu lebih dari sekedar teman (sudah seperti keluarga) hingga saat ini.

susunan kepengurusan dari blogger karawang tahun 2010-2011
  • ketua : faisal muchtar
  • sekretaris : mas badar
  • Bendahara : Cahyati GP
  • Humas : Tatang iwan S, Bayu Sanjaya N, Galang Sinu
  • Divisi online : Purnomo Sidi, Agung setiawan
  • Divisi Offline : Dian Maulana, M. Nurdin

bagi anda yang mempunyai hobi nge-blog juga bisa bergabung dengan blogger karawang ini
untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi : blogger karawang
 

2 komentar:

urang karawang on 5 Juni 2010 pukul 02.06 mengatakan...

hem.... menarik sekali :) semoga komunitas Blogger Karawang bisa eksis dan menjadi wadah komunitas blogger Karawang yang bisa menjadi duta Karawang terutama dalam bidang Informasi dan IT.

salam

jabon on 2 September 2010 pukul 15.39 mengatakan...

semoga tetap jaya dan maju ya .... amiiiin


Posting Komentar

kamu pengunjung ke-

buku tamu

 

Sonic Run: Internet Search Engine